Ada Kelas Ibu Hamil di Posyandu Rangkaian Melati RT 057 Kelurahan 5 Ulu Palembang

Berita45 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Posyandu Rangkaian Melati RT 057, RT 058 dan RT 052 melaksanakan kegiatan Posyandu Ibu Hamil. Bertempat di halaman rumah ketua RT 057, RW 011 Jalan Panca Usaha, Lorong Mufakat, Blok D, Kelurahan 5 Ulu, Seberang Ulu I Kota Palembang.

Kegiatan Posyandu sendiri dihadiri oleh para ibu hamil warga dari ke tiga RT tersebut, sebanyak 32 orang ibu hamil. Kegiatan ini bertujuan mendukung dan melaksanakan program kesehatan dan Keluarga Berencana dari pemerintah pusat, Provinsi dan Pemerintah kota Palembang. Demi terwujudnya masyarakat sehat dan melahirkan generasi yang kuat. Jumat (8/12/2023).

Pelayanan yang diberikan posyandu Rangkaian Melati untuk ibu hamil ini, mencakupi kelas Ibu Hamil,Pemeriksaan Kehamilan, Pemantauan Gizi, Anime atau timbang badan dan KIP-K.

Tak hanya pemeriksaan, ibu hamil juga dapat melakukan konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI. Agar kondisi kehamilan tetap terjaga, ibu hamil juga bisa mendapat Vaksin TT untuk mencegah penyakit tetanus. Setelah melahirkan ibu juga bisa mendapatkan suplemen vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang baik dikonsumsi selama masa menyusui, serta pemasangan alat kontrasepsi (KB) di posyandu atau bisa juga dilakukan di Puskesmas terdekat.

Kegiatan ini dihadiri Deyeri, S.Tr.Keb Ketua IBI Kecamatan SU I Kota Palembang, Deyeri juga Bidan Bidang Kordinator dari Puskesmas 4 Ulu. Didampingi Sekretaris IBI Kecamatan SU I Bidan Bina Marsasi, SST, M.Biomed besertaTim Kesehatan lainnya.

Dijelaskan oleh ketua Posyandu Rangkaian Melati 5 Ulu Homsiyah, S.Pd.I bahwa Posyandu yang diketuai nya hari ini melaksanakan Posyandu Ibu Hamil, “Ada sekitar tiga puluhan Ibu hamil yang datang ke posyandu kita, dan mereka mendapat layanan kesehatan tim kesehatan dan para ibu bidan dari Puskesmas 4 Ulu, juga dibantu oleh para Kader Posyandu Rangkai Melati, Tadi telah dilakukan pemeriksaan, timbang badan, pemberian makanan bergizi dan kelas ibu hamil, berikut tindakan kesehatan lainnya”. ujar Homsiyah,S.Pd.I

Ditambahkannya,”Kami berharap para ibu hamil yang ada di tiga RT di lingkungan Posyandu ini, untuk selalu aktif dalam mengikuti rangkaian program posyandu, baik itu untuk bayi, balita maupun ibu hamil, insyaAllah setiap bulan akan kita adakan kegiatan posyandu, tergantung jadwal dan kesiapan para kader juga pihak-pihak terkait,” tutupnya.

Tampak hadir Lurah 5 Ulu Akhmad Afandi,SE, M.Si beserta jajarannya, Babinsa 04/ Kertapati, Bhabinkamtibmas dari Polsekta SU I Palembang, Ketua RW 011 Agus Firmansyah Nasution, Ketua RT 057 Rusdi, S.IP, M.Si, Ketua RT 052 serta perwakilan dari RT 058, dan Ketua LPMK 5 Ulu, turut hadir Hanafi Tokoh Pemuda di lingkungan RT 057. (saf)