FK BPD RL2 Siap Desak dan Jadikan Garda Terdepan RDOB

Prabumulih20 Dilihat

PRABUMULIH|DutaExpose.com-Forum Komunikasi (FK) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sekecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim siap menjadi garda terdepan dalam mendukung terbentuknya usulan Pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang RL2 menjadi daerah otonomi baru (DOB).

Hal itu ditegaskan saat forum BPD Rambang Niru mengadakan pertemuan yang sekaligus ajang silaturrahmi dan koordinasi dengan para pengurus Presidium Pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang RL2 Minggu (21/05/2023) di kantor Kades Tebat Agung Rambang Niru Kabupaten Muara Enim Sumsel. Rapat koordinasi dilakukan dalam memantapkan perjuangan pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang (RL2) serta menindaklanjuti kelengkapan berkas persyaratan adminitrasi maupun fisik untuk usulan Calon Daerah Otonom Baru (CDOB).

Ketua presidium RL2 Usman Firiansyah SH, menyambut baik serta tentunya mengapresiasi Kepada semua pihak yang telah terus mendukung usulan DOB RL2, terkhusus forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di Rambang Niru, karenanya Rambang Niru adalah sebagai ikon atau yang nantinya menjadi ibukotanya .

“Ya, Rapat Koordinasi dengan forum BPD sekaligus ajang memperkuat silaturahmi diwilayah RDOB RL2, serta menindaklanjuti usulan pemekaran RL2,”ungkap Usman Firiansyah, SH, didampingi penasehat Presidium RL2 Kardiono.(21/05/23)

Dikatakan Usman, hasil rapat kita hari ini bersama forum BPD Rambang Niru telah sepakat akan mendesak pihak eksekutif dan legislatif untuk segera mengesahkan usulan CDOB RL2 agar dilakukan rapat paripurna DPRD tingkat II Kabupaten Muara Enim yang mana sudah tekad bulat RL2 sudah menjadi harga mati dimekarkan. Lanjutnya, adapun terdapat beberapa forum BPD yang ada di Kecamatan Rambang Niru, Rambang, Lubai, Lubai Ulu, Empat Petulai Dangku, dan Belimbing, juga nantinya sepakat akan mendukung terbentuknya RL2 jadi Kabupaten baru.

“Tidak ada alasan lagi RL2 tidak cepat disahkan oleh pihak Eksekutif dan Legislatif Tingkat II, karena kita ketahui bahwa usulan RL2 jadi DOB, selain telah banyak dukungan dari berbagai pihak, tentunya secara geografis,persyaratan adminitrasi,SDM, SDA, bahkan Kajian Akademik UNSRI, optimis RL2 tidak ada hambatan,”beber Usman Firiansyah, SH.

Sementara ditambahkan Dewan penasehat Presidium RL2 Kardiono, bahwa syarat pokok adminitrasi usulan CDOB RL2 telah rampung dan tinggal mendesak pihak eksekutif dan legislatif mengesahkan usulan Pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang (RL2) karena kita tegaskan pada hakekatnya perjuangan pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang RL2 ini, murni demi mensejahterakan masyarakat, pembangunan yang merata, serta pelayanan yang maksimal untuk masyarakat.

“Mari kesampingkan dulu kepentingan pribadi maupun politik, meski saat ini masuk tahun Politik, namun justru dengan situasi saat ini kita bisa memanfaatkan momen yang sangat bersejarah ini, yaitu mengesahkan RL2 jadi Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) melalui rapat Paripurna DPRD Tingkat II,”ujar Kardiono.

Ditambahkan, tidak ada alasan lagi RL,2 tidak cepat disahkan, seperti daerah rekan kita CDOB Gelumbang yang terlebih dahulu disahkan di tingkat II Kabupaten dan Tingkat I Provinsi Sumsel, dan kenapa kita tidak bisa jika ini memang murni keinginan masyarakat Rambang Lubai Lematang RL2 yang sudah menjadi harga mati.

“Mari tetap kompak serta penuh kebersamaan, karena pada hakekatnya perjuangan ini murni demi masyarakat dan Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) Sumsel juga telah mendukung terbentuknya DOB RL2,”tutup Kardiono.

Ketua Forum Kades Rambang Niru, yang juga menjabat Kades Tebat Agung Kecamatan Rambang Niru Riswandi, mengapresiasi atas semua pihak yang telah banyak mendukung usulan DOB RL2 ini, serta rasa bangganya kepada forum BPD Sekecamatan Rambang Niru yang sangat mensupport dan sebagai garda terdepan mendukung usulan RL2 segera disahkan dan berharap jalinan silaturahmi yang telah kita bina dengan baik, akan selalu diberikan Rahmat dari Allah SWT, Aaamin yra”. ucap Riswandi,SH.

Ketua Forum Komunikasi BPD Sekecamatan Rambang Niru Herwansyah, mengatakan, bahwa kami mewakili Forum BPD perpanjangan tangan rakyat RL2 siap sebagai garda terdepan mendukung penuh terbentuknya usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) RL2, serta segala persyaratan Dukungan dari forum BPD telah dilaksanakan dengan harapan semua saling penuh Kebersamaan sehingga apa yang menjadi cita-cita mensejahterakan masyarakat dapat terwujud. “Ya, forum BPD Rambang Niru siap dan sudah jadi harga mati bahwa RL2 harus jadi Darah Otonomi Baru dan siap sebagai garda terdepan,”tutup ketua FK BPD Rambang Niru Herwansyah, mewakili FK BPD 16 Desa Sekecamatan Rambang Niru tersebut. (JN)