Gelar Donor Darah, Kepala Imigrasi Palembang : Bentuk Kepedulian Pada Sesama !

Berita34 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com- Dalam Rangka Menyambut Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang menggelar kegiatan Donor Darah, Selasa (23/1/2024).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024 sekaligus melatih kepedulian terhadap sesama.

“Giat donor darah ini dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024 sekaligus melatih kepedulian seluruh pegawai terhadap sesama”, ujar Ridwan.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia kota Palembang, Peserta donor darah terdiri dari pegawai UPT Kementerian Hukum dan HAM kota Palembang dan Masyarakat Umum kota Palembang.

Kegiatan donor darah ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rahmi Widhiyanti.

“Saya mengapresiasi kebaikan seluruh peserta donor darah hari ini, baik dari pegawai Kementerian Hukum dan HAM se-kota Palembang maupun masyarakat umum yang telah memberikan darahnya untuk mereka yang membutuhkan”, ujar Rahmi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Filianto Akbar.

Bertempat di Aula Jusuf Adiwinata Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, kegiatan diawali dengan mengisi data diri peserta dan kuesioner riwayat penyakit. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengecekan tekanan darah dan hemoglobin.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan menjelaskan bahwa pengecekan ini merupakan syarat mutlak bagi calon pendonor darah karena mempengaruhi kualitas darah yang akan ditransfer ke pasien.

“Untuk batas minimal hemoglobin bagi perempuan adalah 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram dan untuk tekanan darah sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg”, ujar Ridwan.

Ridwan berharap, dengan diadakannya donor darah ini dapat memberi dampak positif ke masyarakat khususnya menjaga ketersediaan stok darah di Kota Palembang bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Karena setetes darah untuk kehidupan, untuk lebih dekat dan peduli dengan masyarakat, Kantor Imigrasi Palembang mengadakan kegiatan donor darah”, Pungkas Mantan Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT ini. (Ndre)