Kapolda Sumsel Buka Kejuaraan Menembak Kapolda Sumsel Cup 2024 di Jakabaring

Polda Sumsel151 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Kapolda Sumsel), Irjen Pol. A Rachmad Wibowo, secara resmi membuka Kejuaraan Menembak Kapolda Sumsel Cup 2024 pada Sabtu (22/06/2024). Acara yang prestisius ini diadakan di Lapangan Tembak Jakabaring Shooting Range, Komplek Jakabaring Sport City (JSC), Palembang.

Acara pembukaan kejuaraan menembak ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, di antaranya Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Hj. Raden Ayu Noeringhati, S.H., M.H., Asisten Administrasi Umum Zulkarnain, S.E., M.M. yang mewakili Penjabat Gubernur Sumsel, serta Pangdam II Sriwijaya yang diwakili Pabandiya Sislogdam Mayor Inf Chabibin. Hadir pula pejabat militer dan kepolisian lainnya, seperti Danlanal Palembang Mayor Laut PM Billy Rangamalela, Kabag Ops Binda Sumsel Kolonel Kav. Dodi Syamsurizal, S.H., dan Wadanpomdam II Sriwijaya Letkol CPM Jhon Carles, M.Tr. (Han).

Dalam sambutannya, Kapolda Sumsel menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kejuaraan ini. “Berkat kerja sama yang solid, seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan aman tanpa kendala apapun. Lomba menembak yang kita adakan hari ini merupakan simbol dari keterampilan dan dedikasi kita dalam menjalankan tugas mulia sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,” ujarnya.

Kapolda juga menekankan pentingnya keselamatan dalam perlombaan tersebut. “Keselamatan dan keamanan adalah hal yang harus diutamakan. Hari ini kita bisa berkumpul bersama untuk latihan menembak yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota dalam menggunakan senjata api dengan baik dan aman,” tegasnya.

Pelaksana Harian (PLH) Dansat Brimob Polda Sumsel, AKBP Andiyano, S.K.M., menjelaskan bahwa kejuaraan ini hanya diikuti oleh peserta internal, yakni personel dari jajaran Polres dan Polda Sumsel. “Jenis kategori senjata yang digunakan adalah Center Fire untuk perorangan dan Center Fire untuk eksekutif, diikuti oleh 202 personil,” ungkapnya.

Hasil dari lomba menembak eksekutif menunjukkan AKBP Mahyudin SkM MH dari Biddokkes Polda Sumsel sebagai juara pertama dengan nilai 84, disusul oleh Letkol Inf Chabibin dari Kodam II Sriwijaya dengan nilai 81, dan AKBP Andiyanto SkM dari Sat Brimob Polda Sumsel sebagai juara ketiga dengan nilai 79.

Untuk kelas menembak internal perorangan, Aipda Frans Jumaidi dari Ditsamapta meraih juara pertama dengan nilai 84, Bripka Virgiana dari Ditlantas sebagai juara kedua dengan nilai 80, dan Briptu Nidya Ivana Putri dari Polrestabes Palembang sebagai juara ketiga dengan nilai 79.

Di kelas beregu, tim Satbrimob berhasil meraih juara pertama dengan nilai 195, diikuti oleh tim Dit Reskrimum dengan nilai 183, dan tim Polres Muara Enim dengan nilai 182 sebagai juara ketiga.

Kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar personil kepolisian di Sumatera Selatan. Dengan semangat kebersamaan dan sportivitas, acara ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme anggota kepolisian dalam menjalankan tugas mereka sehari-hari. (Anie)