Kombes Pol Muhammad Anwar Reksowidjojo, SH, SIK , Sosok Pamen Polisi Tegas dan Bijaksana

Kriminal21 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Komisaris Besar (Kombes) pol Muhammad Anwar Reksowidjojo SH SIK, sosok Perwira Menengah (Pamen) berdarah Madura yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, ternyata sosok polisi yang baik hati namun tegas terhadap bawahannya serta orang di sekitarnya.

Kombes Pol Muhammad Anwar Reksowidjojo, saat ini menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan. Ia dilantik langsung oleh Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) yang saat itu di pimpin Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, di Gedung Presisi lantai 7 Mapolda Sumsel pada Jumat 7 Januari 2022.

Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh, kini resmi dilantik menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, menggantikan posisi kursi yang ditinggalkan oleh Kombes Pol Hisar Siallagan SIK setelah Kapolri Listyo Sigit Prabowo, memutasi sejumlah jabatan di lingkungan Polda Sumatera Selatan.

Saat di wawancarai di ruang kerjanya, ada sepenggal cerita menarik dan menginspirasi dari perjalanan karir Kombes Pol M Anwar Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH SIK. Dirinya mengaku dulu saat duduk di bangku SMA sering tawuran dan berkelahi.

“Saya anak kolong, yang dulu saat SMA sering juga tawuran dan berkelahi. Saat itu masih remaja, masih mencari jati diri,” jelasnya, pada Kamis (9/11/2023).

Kombes Pol M Anwar, mengaku bahwa ayahnya saat itu adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut. Dan dirinya bercita-cita ingin jadi TNI, meneruskan perjuangan sang ayah menjaga dan mengabdi kepada negara.

“Ayah saya saat itu adalah Tentara dari Angkatan Laut, dan dari dulu memang bercita-cita mau jadi tentara. Saat mendaftar di AKPOL yang saat itu AKABRI, saya masih mengenakan pakaian sekolah, dan Alhamdulillah masuk, kemudian saat itu ikut tes psikologi,” pungkasnya.

Berikut biodata dan jejak Karir Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH SIK :

Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH SIK merupakan perwira polisi berdarah Madura yang dilahirkan di Surabaya pada tanggal 14 Desember 1971 dan di besarkan di Jakarta serta memulai pendidikan Sekolah Dasar (SD) tahun 1978.

Setelah tamat SD pada tahun 1984, kemudian melanjutkan ke sekolah menengah pertama (SMP) pada tahun 1984 dan lulus tahun 1987, kemudian melanjutkan ke sekolah menengah atas (SMA) tahun 1987 dan lulus di tahun 1990.

Berlatar belakang memang dari keluarga militer, Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH SIK kemudian mengikuti pendidikan AKPOL (AKBRI) dan lulus pada tahun 1993.

Tepat pada tahun 1995, Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH SIK dipercaya menjabat sebagai Kepala Urusan Binops Lantas Polresta Bandung Timur pada tahun 1995 sampai 1996.

Ditahun yang sama (1996), Karir M Anwar Reksowidjojo mulai menanjak dan mendapatkan promosi mutasi menjadi Kapolsek Kandanghaur Polres Indramayu pada tahun 1996 sampai 2001.

Tahun 2001, Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo SH SIK di mutasi ke Polda Bali, dan berbagai jabatan penting pernah di jabat, kemudian mendapatkan promosi mutasi jabatan menjadi Kapolsek Kuta Bali pada tahun 2002 sampai 2003, kemudian di mutasi kembali ke Reserse kriminal di Polda Bali, dan menjabat sebagai Kanit Tipikor, kemudian menjabat jadi Kanit Tipidter Reserse Kriminal di Polda Bali sampai tahun 2007.

Ditahun yang sama 2007, Kombes M Anwar berhasil menyelesaikan pendidikan SESPIMEN, kemudian di mutasi ke Bareskrim Polri sampai 2011.

Kemudian pada tahun 2011 dimutasi kembali ke Jawa Tengah menjadi Kapolsek Banjarnegara selama 2 tahun lebih.

Pada tahun 2014, Kemudian mendapatkan promosi dimutasi ke Polda Lampung menjadi Wadir Krimsus Polda Lampung selama 4 tahun.

Lalu dipercaya lagi oleh pimpinan, pada tahun 2018 di mutasi menjadi Direktur Reserse Narkoba di Sulawesi Barat atau Mamuju.

Kemudian selama satu tahun di Mamuju, atas perintah pimpinan, pada tahun 2019 kembali dimutasi menjadi Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh.

Saat menjadi Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh, kemudian sekolah SESPIMTI kemudian setelah lulus sekolah SESPIMTI, dimutasi kembali ke Bareskrim Polri di Direktorat 4 Narkoba sebagai sebagai Kasubdit 2 Psikotropika selama 1 tahun.

Kemudian mendapatkan kepercayaan kembali oleh pimpinan pada tahun 2022, dimutasi menjadi Direktur Kriminal Umum Polda Sumsel, sampai sekarang. (Ndre)