Komitmen Hijaukan Sumatera Selatan, Korem 044/Gapo dan Jajaran Tanam Ribuan Pohon

Berita40 Dilihat

PALI|DutaExpose.com–Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M bersama -sama dengan DLKH Provinsi Sumsel serta Pemerintah Daerah menggelar penanaman pohon serentak bertempat di Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi Kab. PALI, Senin (15/1/2024).

Pada kegiatan penanaman pohon serentak ini, Wakil Bupati Pali H. Sumarjono sangat mendukung dan mengapresiasi program yang dilakukan oleh jajaran TNI AD khususnya Korem 044/Gapo dan Kodim 0404/Muara Enim.

“Program yang kita laksanakan bersama TNI AD bertujuan untuk meningkatkan nilai semangat bagi generasi muda dan menjaga kelestarian alam” ucapnya.

“Program ini harus kita dukung, kita jaga dan kita tingkatkan, karena siapa lagi yang menjaga kelestarian alam ini kalau bukan di mulai dari diri kita sendiri. Oleh karena itu saya mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan, mari bersama – sama kita jaga dan kita tingkatkan,” pungkasnya.

Kegiatan penaman pohon yang di lakukan oleh seluruh jajaran Korem 044/Gapo, salah satunya Kodim 0404/Muara Enim tersebut merupakan suatu bentuk dukungan dan komitmen TNI AD dalam mendukung penghijauan lingkungan.

Menurut Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, penaman pohon yang dilakukan oleh jajarannya tersebut merupakan sebagai bentuk langkah kongkrit dan komitmen TNI AD yang selalu mendukung dalam upaya menjaga, menghijaukan dan melestarikan lingkungan.

“Alhamdulillah, kegiatan ini merupakan gagasan bersama yang kami lakukan dari TNI AD melalui perintah langsung Bapak Panglima TNI dan Bapak Kasad kepada seluruh jajarannya, untuk dapat terus bersama menjaga melestarikan alam,” tutur Brigjen TNI M Thohir.

Danrem menerangkan, dirinya kedepan akan terus meningkatkan program yang telah dilakukan, karena hal itu, lanjutnya selaras dengan dorongan dari hatinya sebagai langkah mitigasi upaya pencegahan bencana alam.

“Karena bisa kita lihat, terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor dikarenakan rusaknya lingkungan alam. Oleh sebab itu, program ini harus bersama – sama didukung sebagai langkah awal dalam menjaga kelestarian alam,” terangnya.

Lebih jauh, Danrem mengungkapkan, program kegiatan penanaman pohon tersebut harus sama-sama didukung secara serius berkesinambungan dan tidak hanya sebagai ajang ceremonial belaka. Danrem juga mengajak untuk dapat menjaga dan merawat bersama -sama tanaman yang telah ditanam tersebut.

“Untuk terget penanaman pohon sendiri, kami jajaran Korem 044/Gapo menargetkan sebanyak 5 ribu Hektar, dan kedepan bibit yang akan ditanam yaitu bibit pohon yang bernilai ekonomis di masyarakat,” tutup Danrem.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha menjelaskan, pemilihan Desa Benakat Minyak sebagai sasaran penanaman pohon serentak karena merupakan wilayah yang berbatasan langsung antara 3 Kabupaten Kota wilayah Kodim 0404/Muara Enim, juga wilayah kawasan hutan tersebut merupakan wilayah kawasan hutan produksi DLHK Provinsi Sumsel.

“Untuk program penanaman pohon hari ini, kami lakukan sebanyak 2.000 bibit batang pohon, terdiri dari bibit tanaman produksi yang dapat di konsumsi, seperti bibit pohon nangka, bibit pohon durian, bibit petai dan jengkol yang ditanam dilahan seluas 5 Hektar,” ungkap Dandim. (Ndre)