Menjelang Ramadhan Ulama Palembang Gelar Arak Arakan Ziarah Kubro

Budaya20 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com- Puncak Acara Arak-arakan ziarah kubro di mulai dari Kuto Batu 8 ilir menuju pemakaman para habaib termasuk mengunjungi Makam Pangeran Syarif Ali Bin Syeikh Abu Bakar yang berada di kawasan Boombaru Kelurahan 5 Ilir Kecamatan Ilir Timur 2 Palembang, Minggu (03/03/2024).

Rangkaian acara ziarah kubro terhitung dari tanggal 1-3 maret 2024, diawali dengan ziarah ke makam Al-Habib Aqil Bin Yahya dan Gubah Al-Habib Ahmad bin Syech Bin Shabab, kata Ketua Pelaksana Ziarah Kubro, Habib Abdulrrahman bin Hasan Alhabsy.

Kemudian hari ke-2 ke pemakaman Auliya dan Habaib Telaga Swidak 14 Ulu. Kemudian ke pemakaman Habaib Baabussalam di Kompleks Assegaff kawasan 16 Ulu Palembang dan Haul Dzurriah Habib Alwi Assegaf.

Puncak tradisi ziarah kubro hari ketiga, Ahad (3/3), dipusatkan di Pemakaman Pangeran Syarif Ali bin Syeikh Abu bakar, Makam Kawah Tengkurep dan di Kompleks Makam Kambang Koci Boombaru Kawasan 3 Ilir.

Tradisi Ziarah Kubro diikuti oleh ribuan peziarah yang berjalan kaki menuju Komplek Pemakaman Waliyullah, sembari mengumandangkan Sholawat dan Tahlil, adapun peziarah sebagian besar berasal dari palembang, dan tidak menutup kemungkinan ada juga dari luar kota Pulau Jawa Pulau Kalimantan bahkan kita juga kedatangan tamu para ulama dan orang soleh dari luar negeri yaitu Negeri Yaman.

Acara tersebut juga di hadiri Habib Ahmad Alhabsyi, yang sengaja datang dari Ibu Kota Jakarta, habib Ahmad Alhabsyi mengatakan, sangat luar biasa antusias masyarakat di kota palembang, semua bersemangat mengikuti rangkaian acara Ziarah Kubro.

“Semoga setiap langkah kaki peziarah di nilai ibadah, setiap tetes keringat nya ibadah, nafas nya juga ibadah dan mendapat barokah dari aulia Allah.”ungkapnya

Di kesempatan lain Habib Rafiq Syeikh Abu Bakar juga mengatakan, Ziarah Kubro diadakan setiap tahun, untuk menyambut 10 hari menjelang bulan suci ramadhan sekaligus simbol penghormatan kepada ulama di kota Palembang Sumatera Selatan.

“Alhamdulilah walaupun cuaca agak sedikit tidak bersahabat, hujan rintik-rintik, namun antusias para jamaah untuk berziarah masih tetap semangat dan kuat untuk berjalan.”

Kita berharap dengan di adakannya acara Ziarah Kubro ini semakin mengangkat Dakwah Islam yang berada di kota palembang, dan kita bisa meneladani kehidupan mereka sehingga kita bisa menerapkan kedalam kehidupan kita. (Anie)