Cegah Korupsi di Sumsel, Pemprov Sumsel Berkolaborasi Dengan KPK RI Hasilkan Konten Berkualitas

Pemerintahan24 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Sekda Sumsel, Ir. S. A. Supriono membuka secara resmi Pelatihan Bersama Diskominfo Kab/Kota se-Sumatera Selatan dan Diskusi Bersama Media Lokal di Hotel Swarna Dwipa, Kamis, (30/5/2024).

Sekda Sumsel, Ir. S. A. Supriono, atas nama Pemprov Sumsel mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka meningkatkan hubungan yang baik antar lembaga khususnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

 

“Konten-konten menarik harus diperbanyak agar informasi yang disampaikan lebih menarik untuk didengar dan diperhatikan oleh masyarakat, ” Ujarnya.

Instansi pemerintah perlu menghasilkan konten-konten komunikasi yang berkualitas, termasuk teks, gambar, video, media sosial dan materi publikasi kelembagaan lainnya, jelasnya.

“Edukasi tentang anti korupsi sudah dilakukan sejak pendidikan dini. Adanya edukasi melalui konten-konten menarik di media sosial juga dapat mengedukasi masyarakat secara luas termasuk bagi yang gaptek,” Ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI agar penyampaian kinerja-kinerja pemberantasan korupsi yang telah dan akan dilakukan KPK terhadap publik dapat terlaksana dengan baik.

“Kami berharap kerjasama dengan KPK RI dapat berjalan secara masif dan terselenggara dengan baik. Selain itu, perlu, juga dijaga hubungan yang baik bersama media sebagai rekan Pemerintah dalam menyampaikan informasi ke masyarakat, ” Tuturnya.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Meningkatkan Kolaborasi dan Memperkuat Sinergi Antar Lembaga Pemerintah untuk Mendukung Perwujudan Transparansi, Partisipasi Publik dan Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik Melalui Pemanfaatan Media dan Diseminisasi.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan memperkuat sinergi dengan berbagai pihak terkait yaitu dengan media massa, organisasi non pemerintah, lembaga pemerintah, institusi pendidikan, dan lainnya dalam rangka mendukung terwujudnya transparansi, partisipasi publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik melalui pemanfaatan media digital dan diseminasi tanpa hoaks, “tandasnya.

Sementara itu, Karo Humas KPK RI, Yuyuk Andriyati Iskak, mengapresiasi Pemprov Sumsel melalui Diskominfo Sumsel atas jalinan kolaborasi yang baik bersama KPK RI dalam pelaksanaan kegiatan ini.

” Kegiatan ini telah dimulai dengan pelatihan bersama Diskominfo se-Sumsel. Banyak ide-ide yang disampaikan dengan antusias peserta yang sangat baik. Kemudian pada acara media briefing kami mengundang teman-teman media, kami ingin memberikan informasi lebih dalam bagaimana modus tindak pidana korupsi yang ditangani KPK, “jelasnya.

Melalui kegiatan ini, rekan-rekan di daerah dapat memperkuat kompetensinya dalam menulis berita-berita tentang korupsi. Menurutnya semua kegiatan ini terlaksana atas partisipasi dan antusias semua pihak sebagai mitra KPK bersama dalam memelihara nilai anti korupsi dengan pelayanan publik yang lebih baik.

“Terima kasih atas kehadiran bapak/Ibu. Semoga kerjasama yang terjalin menjadi komitmen jangka panjang dan bermanfaat untuk semuanya, ” Pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penandatangan kerjasama bersama antara Diskominfo Sumsel dan KPK RI dalam rangka meningkatkan koordinasi bersama dan diseminasi dan publikasi materi anti-korupsi sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di wilayah Sumsel melalui edukasi pemberantasan korupsi, pertukaran data/informasi, dan produksi bersama materi dan publikasi. (Ndre)