Pemanfaatan Lahan Kosong Oleh Para Dandim Jajaran Korem 044/Gapo

Berita22 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M., menerima paparan Dandim jajaran tentang pemanfaatan lahan kosong di wilayah Kodim, bertempat di Aula Makorem 044/Gapo Jalan Jenderal Sudirman KM 4,5 Palembang, Jumat (29/12/2023).

Bentuk dukungan TNI AD dalam menjalankan tugas operasi militer selain perang (OMSP) salah satunya adalah program swasembada pangan dalam bentuk kegiatan fisik dan kegiatan sosial. Program pemanfaatan lahan kosong akan direncanakan pada bulan Januari s.d bulan Desember tahun 2024 dengan tujuan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pangan serta kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Danrem menyampaikan bagaimana memanfaatkan lahan tidur yang berada di Kodim jajaran untuk digunakan dan dimanfaatkan, baik untuk perkebunan, peternakan, kolam ikan dll.

“Berdayakan lahan kosong yang ada di wilayah dan koordinir kelompok tani yang ada. Koordinasikan dengan Pemda terkait dengan bibit dan pupuk. Upayakan pupuk – pupuk yang diterima oleh petani merupakan pupuk yang bersubsidi, agar hasil yang didapat menguntungkan petani pada saat panen. Kodim jangan mengambil untung lebih banyak dari petani, dan laksanakan kegiatan ini secara optimal”, ucap Danrem.

Lanjut Danrem “Untuk penanganan hewan yang sakit, dapat dikoordinasikan dengan Dinas Peternakan. Bagaimana mengatasi hewan yang terjangkit penyakit sehingga peternak bisa mengatasi semua gejala penyakit hewan ternaknya. Koordinasikan juga, untuk penambahan bibit hewan ternak dan datangkan dokter hewan untuk pemeriksaan hewan yang sakit secara berkala”.

Untuk budidaya ikan, dapat memanfaatkan aliran sungai yang memang sudah dimanfaatkan oleh peternak ikan. Tingkatkan hasilnya, supaya bisa berdaya guna dan berhasil guna bagi Kodim dan petani.

“Kita harus selalu memanfaatkan potensi wilayah yang ada di masing – masing Kodim serta kita tingkatkan hasilnya. Walaupun kondisi wilayah geografisnya berbeda, kita tetap harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin” ujarnya.

“Konsep para Dandim sudah bagus – bagus dalam upaya pemanfaatan lahan kosong. Tinggal kita tunggu realisasinya di tiap – tiap Kodim sesuai dengan pokok – pokok keinginan Bapak Panglima TNI dan Kasad. Lakukan dan berikan yang terbaik untuk satuan” pungkas Danrem. (Ndre)