Pemerintah Kota Palembang Ajak Warganya Tanam Komoditas Cabai

Berita63 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Dalam rangka menumbuhkan kemandirian pangan rumah tangga dan menekan angka inflasi warga Palembang. Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, membagikan bibit cabai kepada warga di Jalan Panca Usaha, lorong Mufakat tepatnya di RT 057 kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu Satu (SU I). Titik kumpul di rumah kediaman Ketua RT 057 Rusdi, S.IP, M.Si, Jum’at (08/12/2023).

“Warga di RT 057 kita berikan bibit cabai yang akan mereka tanam di halaman atau di pot yang ada di rumah mereka masing-masing. Untuk warga di wilayah RT 057 kelurahan 5 Ulu ini adalah percontohan. Nantinya insya Allah akan kita lakukan pembagian bibit cabai di seluruh wilayah kecamatan Seberang Ulu Satu ini.” Ujar Mukhtiar Hijrun, S.STP Camat Seberang Ulu Satu.

Selanjutnya, “Dalam rangka berusaha menekan inflasi, serta melakukan efisiensi ekonomi, maka pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian akan memberikan bibit tanaman yang bermanfaat pada setiap rumah tangga.” Jelasnya.

Ditambahkan Mukhtiar Hijrun, Dalam hal melampaui Inflasi, harus ada beberapa komoditas penyumbang inflasi baik di level Provinsi hingga Kabupaten/Kota, tidak terkecuali di wilayah RT 057 ini, sekarang kita memiliki salah satunya yakni komoditas cabai. Mengingat cabai merupakan komoditas yang seringkali muncul dengan harga yang fluktuatif di pasaran.

“Kita bayangkan saja pada setiap harinya, satu keluarga membutuhkan berapa banyak cabai untuk masak sebagai penyedap santapan, seperti minum obat saja dan apabila kita bisa menanam sendiri hingga dapat memenuhi kebutuhan sendiri, sudah barang tentu akan menghemat pengeluaran para ibu rumah tangga dan uang nya bisa untuk penutup kebutuhan lainnya.” Pesan Camat Seberang Ulu Satu Ini.

Sementara itu Kordinator Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Seberang Ulu dari Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Usman Apriadi, S.TP didampingi Deny Gustian,SP yang merupakan PPL Kecamatan Seberang Ulu Satu (SU I).

Usman Apriadi Mengatakan, Bahwa Pada kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang ada Ratusan bibit cabai yang akan dibagikan kepada warga di lingkungan RT 057 Panca Usaha ini.

Selain mendapatkan bibit cabai, Warga Masyarakat juga akan mendapatkan bimbingan dan pembinaan mengenai teknis penanaman serta pemeliharaan bibit-bibit yang telah mereka terima.
“Warga tidak hanya sekedar kami berikan bibit lalu kami lepas, tidak akan kami biarkan begitu saja,” janji Usman Apriadi.

“Melalui petugas UPTD kita yang ada pada masing-masing kecamatan, para penyuluh pertanian akan memberikan pembinaan cara penanaman, pemeliharaan, hingga cara panen yang baik.” Ujarnya.

Warga masyarakat yang telah menerima bibit cabai diharapkan bibitnya dapat bertumbuh dengan baik dan subur, karena selain memiliki tujuan utama dalam membantu efektifitas ketahanan pangan, kita juga membantu mengefisienkan pengeluaran dan meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat itu sendiri,” tutup Usman Apriadi. (saf)