Rio Maholtra Lolos Pon, Heri Amalindo: Atletik Sumsel Siap Pertahankan Tradisi Emas

Politik16 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com- Cabang Olahraga (Cabor) Atletik Sumatera Selatan (Sumsel) kembali berhasil menambah tiket lolos untuk berlaga dalam ajang multi event PON Aceh – Sumut 2024 mendatang atas nama Rio Maholtra.

Kepastian ini didapat setelah Rio Maholtra yang juga anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini selesai mengikuti Jateng Open di Lapangan Tri Lomba Juang, Semarang, Jumat 26 Mei 2023, nomor lari gawang 110 meter putra.

“Alhamdulillah Sumsel sejauh ini sudah memastikan dua tiket cabor atletik untuk PON 2024 setelah sebelumnya meloloskan Sri Maya untuk nomor 400 meter putri,” ujar Heri Amalindo, Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumsel, Sabtu 27 Mei 2023.

Bapak pembangunan Kabupaten Pali ini menambahkan, pencapaian ini akan menjadi tambahan energi tersendiri bagi kontingen atletik Sumsel dalam rangka mempertahankan tradisi emas dalam ajang PON.

“Terima kasih atas perjuangan para atlet, pelatih dan official yang telah bekerja keras. Kita akan berusaha sekuat tenaga mengulangi prestasi di PON Papua lalu yang sukses menyabet tiga medali emas,” lanjut Mang Heri, sapaan akrabnya.

Heri Amalindo yang saat ini didorong banyak pihak untuk maju dalam pemilihan Gubernur 2024 mendatang bertekad akan terus mengharumkan nama Sumsel di kancah nasional dan internasional melalui prestasi cabor atletik.

“Fasilitas olahraga yang dimiliki Sumsel telah berstandar internasional. Tinggal bagaimana pembinaan atlet berjenjang agar kaderisasi tidak terputus dan berkesinambungan,” lanjutnya.

Sementara, pelatih atletik Kadir Sani mengatakan, lolosnya Rio Maholtra ke PON 2024 mendatang di nomor andalannya, membuat peluang cabor Atletik Sumsel kembali meraih medali emas semakin terbuka lebar.

“Rio Maholtra merupakan juara bertahan PON di nomor 110 meter putra. Dia bersama Sri Maya yang juga meraih medali emas PON lalu masih akan jadi andalan kontingen Sumsel,” ujar Kadir Sani.

Kadir Sani menambahkan, nantinya masih akan ada ajang Pra PON yakni di Solo pada 20 Juni 2023. Rio Maholtra akan mencoba untuk ikut di nomor 100 m putra untuk menjajal peta kekuatan di Porwil. Begitu juga Sri Maya Sari akan turun di Kejurnas Solo nanti di nomor 400 m gawang putri.

“Yang penting kita sudah meloloskan dua atlet atletik Sumsel untuk ikut PON 2024 nanti. Alhamdulillah ini juga berkat motivasi Ketua Pengprov PASI Sumsel Pak Heri Amalindo yang baru saja kembali terpilih,”tutupnya. (Ndre)