Korem 044/Gapo Menerima Audiensi HMI, Danrem : Pemuda Jangan Pernah Lelah Untuk Berkarya

TNI20 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M menerima Audiensi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Koordinator Komisariat UIN Raden Fatah Palembang, bertempat di Ruang Kerja Danrem 044/Gapo Jl. Jenderal Sudirman Km. 4,5 Kota Palembang, Kamis (11/7/2024).

Audiensi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Koordinator Komisariat UIN Raden Fatah Palembang dalam rangka acara “Intermediate Training (LK-2) dan senior course (SC) Tingkat Nasional” Tahun 2024, dihadiri oleh Bapak Candra (Ketua Umum HMI Cabang Palembang), Bapak M.Nurhadi Mulia (Sekretaris Umum HMI Cab.Palembang), Bapak Alfuadi Imam (Ketua Umum BPL HMI Cab.Palembang), Bapak M. Syahidallah Al Mukarram (Ketua Umum HMI Koordinator Komisariat UIN Raden Fatah Cabang Palembang) dan Ibu Alika Cahya Sukma (Bendahara Umum HMI Koordinator Komisariat UIN Raden Fatah Cabang Palembang).

Pada kesempatan tersebut, Danrem 044/Gapo menjelaskan kepada ketua HMI dan rombongan tentang kegiatan Korem dalam kesehariannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Korem merupakan komando kewilayahan, melaksanakan tugas OMSP yang membantu tugas pemerintah, kepolisian serta membatu masyarakat,” ucap Danrem.

“Saat ini kita sedang konsisten dengan ketahanan pangan, ada Program OPLA (Optimasi Lahan) yang saat ini sedang berjalan,” tuturnya, “Program OPLA yang kita kerjakan untuk membantu pemerintah, meningkatkan hasil panen yang sebelumnya hanya satu tahun hanya IP 100, dengan program OPLA ini produksi panen meningkat menjadi IP 200 atau setahun bisa panen 2 kali,”.

“Tahun ini kita berkewajiban membangun pertanian seluas 75.000 Ha. Kita bekerja sama dengan Kementerian pertanian. Berjalannya program ketahanan pangan dari pemerintah ini, kita berharap tidak ada lagi impor dari luar negeri,” imbuhnya.

Di sisi lain Ketua HMI mengatakan, “HMI siap bersinergi dengan TNI, khususnya dengan Korem 044/Gapo,”.

“Kami juga memiliki program “Bina Desa” dalam bentuk Pendidikan / Non Fisik seperti pengajian, pesantren kilat saat bulan Rhamadan dan ekskul lainnya. Kami memberikan edukasi kepada masyarakat. Program yang kami laksanakan tidak hanya di Palembang, akan tetapi sampai ke daerah terpencil. Kami hadir di Kabupaten OI, Banyuasin bahkan sampai empat lawan,” ucap ketua HMI.

“HMI mempunyai agenda yaitu Resistensi Peradaban Muslim Intelegensia dalam mewujudkan Indonesia berdaulat, maju dan berkelanjutan. Akan dilaksanakan pada tanggal 31 Juli sampai dengan 6 Agustus, mohon untuk bapak Danrem untuk dapat mengisi, menjadi narasumber pada materi tentang agraria pertahanan,” pintanya kepada Danrem.

Menjawab permintaan dari HMI, Danrem mengatakan, “Doktrin TNI, Sishankamrata merupakan doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara yang menggunakan segenap kekuatan dan kemampuan komponen militer dan non militer secara menyeluruh dan terpadu,”.
“Tugas kita sebagai pemuda adalah sebagai komponen pendukung, oleh karena itu harus siap untuk membantu pemerintah,” kata Danrem.

“Saya senang bila diundang oleh para mahasiswa, saya memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan adik-adik mahasiswa,” imbuhnya.

“Kita ada kegiatan TMMD, nanti bisa kita libatkan adik-adik mahasiswa untuk membantu kegiatan non fisik, kita singkronkan dengan kegiatan kepemudaan yang ada di desa-desa,”.

Danrem juga berpesan kepada HMI, “Pemuda itu jangan mau diam, tapi harus terus berkarya. Ciptakan pekerjaan atau lapangan pekerjaan baru. Dari hal-hal yang kecil, adik-adik harus bisa berkreasi, agar bermanfaat untuk masyarakat,”

“Jangan pernah lelah untuk berkarya, waktu yang ada jangan terbuang sia-sia, gunakan dengan hal-hal yang positif,” tutupnya.

Turut memdampingi Danrem 044/Gapo, Kasipers Kasrem 044/Gapo Letkol Inf Irdhan, Pasikomsos Staf Ter Korem 044/Gapo Mayor Czi Pelita dan Kapenrem 044/Gapo Mayor Inf Jauhari. (Ndre)