PERINGATI HUT KE-52 BASARNAS GELAR UPACARA

Basarnas17 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com-Pada puncak peringatan HUT ke-52 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang menggelar upacara, kamis (29/2/2024). Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang, Raymond Konstantin, S.E. bertindak selaku inspektur upacara. Pelaksanaan upacara dilaksanakan di halaman kantor pencarian dan pertolongan Palembang dan diikuti oleh seluruh Pegawai, Dharma Wanita Persatuan dan Security Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang.

Upacara diawali dengan pembacaan singkat sejarah berdirinya Basarnas, kemudian dilanjutkan pembacaan amanat dari Kepala Basarnas (Kabasarnas), Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M. Dalam amanatnya Kabasarnas menekankan kembali tentang perjalanan Basarnas dan dinamika yang terjadi selama ini agar menjadi dasar untuk memperkokoh fondasi Basarnas dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada saat terjadi keadaan darurat, baik kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia.

Tema ulang tahun kali ini adalah “Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa”. Tema tersebut merepresentasikan kecepatan kita dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat selama ini. Semakin cepat, maka semakin besar kemungkinan kita menyelamatkan korban. Semua menyadari bahwa tugas SAR memiliki dimensi moral yang tinggi, Misi kemanusiaan yang mulia. Karenanya, kita harus menunjukan bahwa kita siap bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas dalam penyelenggaraan operasi SAR kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun.

Reputasi Basarnas selama ini sangat membanggakan dan begitu dicintai masyarakat, karena itu reputasi ini harus kita jaga dan kita pertahankan dengan etos kerja secara komprehensif. Ada 5 poin untuk kita pedomani dalam bekerja diantaranya meningkatkan iman dan taqwa, memegang teguh Panca Prasetya Korpri dan Janji Rescue dalam pelaksanaan tugas, mewujudkan profesionalisme sebagai ASN berakhlak, mewujudkan sinergitas dan menjaga kekompakan dengan potensi SAR, dan selalu berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

Dirgahayu Ke-52 Basarnas, Quick Action, Satu jiwa Satu Rasa pekik Raymond dan seluruh peserta upacara sebelum mengakhiri pelaksanaan upacara. (Ndre)