Polres Muara Enim Gelar Apel Ketua Satkamling Dan Launching Polisi RW

Muaraenim22 Dilihat

MUARA ENIM|DutaExpose.com- Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM., LL.M., PhD menghadiri acara peluncuran Polisi Rukun Warga (RW) yang diselenggarakan oleh Polres Muara Enim di Lapangan Merdeka Muara Enim, Rabu ( 21/06/23).

Acara tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM., LL.M., PhD, Dandim 0404 Muara Enim Letkol. Arh. Rimba Anwar, SIP., MIP, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, S.H., S.I.K., M.H, Kajari Muara Enim Ahmad Nuril Alam, SH, MH, Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, BIN Kabupaten Muara Enim Kapten Feri, Lapas Muara Enim, dan insan pers.

Peserta apel terdiri dari satu pleton Barisan TNI, Satlantas, Polisi RW, pleton Barisan Sat Sabhara, pleton Barisan Bhabinkamtibmas, pleton Barisan Kasat Kamling, pleton Barisan RW Kecamatan Muara Enim, pleton Barisan Linmas, pleton Barisan Sat Pol Pp dan, dan pleton Barisan Dishub.

Dalam sambutan dan arahannya, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM., LL.M., PhD didampingi oleh Dandim 0404 Muara Enim Letkol. Arh. Rimba Anwar, SIP., MIP, dan Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, S.H., S.I.K., M.H, menyampaikan amanat Kapolri. mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih atas kesempatan untuk melaksanakan Apel Ketua Satkamling dan Peluncuran Polisi RW Tahun 2023.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan memperkuat peran Satkamling dalam menjalankan fungsi kepolisian terbatas demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa. Mereka menekankan pentingnya kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat serta pengembangan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa.

Satkamling, sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang dibina oleh Polri, diharapkan dapat bekerja sama dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya dalam menjaga keamanan lingkungan. Plt Bupati Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM., LL.M., PhD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satkamling dan stakeholder terkait lainnya, serta mengingatkan agar selalu memegang teguh nilai, norma, dan etika dalam melaksanakan tugas. Mereka menekankan bahwa fungsi kepolisian terbatas tersebut non-yustisial.

Peluncuran ditandai dengan pemasangan ban lengan Polisi RW serta pembagian hadiah lomba pemenang Satkamling oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM., LL.M., PhD bersama Unsur Forkompimda kabupaten Muara Enim.

pembagian hadiah kepada pemenang lomba Satkamling. Juara I Satkamling diraih oleh RT.03 RW.01 Kelurahan Pasar III Muara Enim, Juara II Satkamling diraih oleh Satkamling Gunung Megang, dan Juara III Satkamling diraih oleh Satkamling Tanjung Agung. Pemberian hadiah ini merupakan bentuk penghargaan atas upaya dan kerja keras mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Lebih lanjut Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi,S.H., S.I.K.,M.H menyampaikan keberadaan Polisi RW mampu menjadi fasilitator untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, nantinya keberadaan Polisi RW bisa jadi sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Melalui Polisi RW mitranya masyarakat, diharapkan dapat berkolaborasi mencari solusi permasalahan gangguan Kamtibmas, meningkatkan kesadaran hukum, dan memperkuat kepedulian masyarakat terhadap keamanan bersama,” ucapnnya.

Dandim 0404 Muara Enim Letkol. Arh. Rimba Anwar, SIP., MIP juga menyampaikan mengajak semua pihak dapat mendukung program ini, dan diharapkan kedepan program Polisi RW menjadi ruang silaturahmi dan bersinergi antara Tni – Polri dan seluruh elemen masyarakat yang semakin solid

“ dengan terciptanya situasi keamanan yang kondusif, dan sendi-sendi kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan baik, dalam mewujudkan kehidupan masyarakat aman, tenteram, dan damai,”tutur Dandim 0404 Muara Enim. (eka/yan)