Universitas Sriwijaya Terima 3.069 Mahasiswa Baru Melalui Jalur Mandiri

Pendidikan22 Dilihat

PALEMBANG|DutaExpose.com – Universitas Sriwijaya (Unsri) secara resmi menerima 3.069 mahasiswa baru melalui jalur Ujian Seleksi Mandiri (USM) untuk tahun akademik 2024. Jalur ini merupakan tahapan akhir dalam proses penerimaan mahasiswa baru di Unsri.

Prof. Rujito Agus Suwignyo, Wakil Rektor 1 Unsri Bidang Akademik, menjelaskan bahwa pendaftaran untuk USM dibuka pada 13 Juni 2024 dan ujian seleksi berlangsung dari 23 hingga 26 Juni 2024. “Hasil seleksi telah diumumkan, dan ini menjadi langkah akhir dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini,” katanya pada Senin (8/7/2024).

Mahasiswa yang dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftaran ulang melalui situs resmi Unsri mulai 8 hingga 13 Juli 2024. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) juga harus diselesaikan pada periode yang sama.

Menurut Prof. Rujito, kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur USM tahun ini mencapai 30% dari total kapasitas Unsri yang sebesar 8.960 mahasiswa. “Jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur USM tahun 2024 meningkat sekitar 5-10% dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Pada seleksi USM tahun ini, Unsri menyeleksi 7.140 peserta dengan tingkat kehadiran ujian mencapai 93,7%. Dari jumlah tersebut, 3.069 orang dinyatakan lulus seleksi.

Fakultas Kedokteran dengan Program Studi (Prodi) Kedokteran Gigi menjadi fakultas yang paling banyak diminati pada jalur USM kali ini. Fakultas Ekonomi dengan Prodi Ekonomi Manajemen juga menjadi pilihan favorit. “Selain itu, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dengan Prodi Teknik Pertambangan, serta Fakultas Pertanian juga banyak diminati. Prodi Teknik Pertambangan, khususnya, diminati karena sedikit universitas yang menawarkan program studi ini,” ungkap Prof. Rujito.

Dengan penerimaan mahasiswa baru ini, Unsri berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional. (Anie)